Facebook Like Box

Jumat, 23 Januari 2015

Home Industry

Beberapa Home Industry yang berada di Desa Kemuning adalah sebagai berikut :

PEMBUATAN TEH KEMUNING
Di desa Wisata Kemuning terdapat 3 tempat usaha produksi teh jadi. Pertama, Teh Gambyong mbok Warni yang beralamat di dusun Badan Rt 4 Rw 5, Kemuning. Produknya adalah teh dengan berbagai rasa seperti Teh hijau, Teh rasa mint, Teh rasa Menir, dan Teh hitam. Selain dipasarkan di warung dan kedai sekitar Kemuning, Teh Gambyong juga dipasarkan ditempat produksinya. Kedua,  Teh Gondangsari yang beralamat di Gondangrejo, Kemuning. Produknya adalah Teh Hitam dan Teh Hijau dengan berbagai ukuran kemasan. Selain dijual di kedai dan warung sekitar, juga menerima pembelian ditempat produksi. Ketiga, Teh Mbok Karti yang beralamat di dusun Kemuning, Kemuning. Produknya adalah teh dengan berbagai jenis dan khasiatnya. Teh Mbok Karti juga menerima pembelian ditempat produksinya.

PEMBUATAN KRIPIK JAMUR
Usaha Pembuatan Kripik Jamur dilakukan oleh mbak Ida dan beralamat di dusun Badan Rt 4 Rw 4, Kemuning. Jamur yang dipilih sebagai pembuatan kripik ini adalah Jamur Tiram 3 Kuping. Pemasarannya biasanya di Java Resto, Bale Branti dan Jimbaran. Selain ketiga tempat tersebut anda juga bisa mendapatkan kripik ini di warung tempat produksi kripik Jamur ini.

BUDIDAYA JAMUR
Usaha Budidaya Jamur dilakukan oleh bapak Supamo dan beralamat di dusun Badan Rt 3 Rw 4, Kemuning. Jenis jamur yang dibudidayakan yakni Jamur Kuping dan Jamur Tiram. Untuk pemasarannya yakni ke pedagang pengecer, resto, dan pengusaha kripik jamur. Selain dipasarkan lokal kemuning tetapi juga dipasarkan hingga ke Karangpandan dan Sragen.

PEMBUATAN MINUMAN/PENGOBATAN HERBAL
Usaha Pembuatan Minuman/Pengobatan Herbal dilakukan oleh bapak Andri dengan nama perusahaannya Bangkit Mandiri dan beralamat di dusun Badan Rt 03 Rw 04, Kemuning. Tempat tersebut memproduksi berbagai minuman/obat herbal dengan khasiatnya masing-masing seperti 
Nama Manfaat
Temulawak Anti sembelit, anti radang lambung, kembung, dan menambah nafsu makan.
Secang
Melegakan Pernafasan, menghilangkan lendir batuk, mengobati batuk, mengobati mata merah, dan mengobati berak darah.
Jati Cina Anti Jamur, pencegah kanker/tumor, pencegah liver
Daun Sirsak Menurunkan kolesterol, mengurangi kesemutan, pelangsing, dan menormalkan tekanan darah
Anton-anton/ Uyup-Uyup Bagus untuk ibu menyusui
Kunir Putih + Sirih Merah Bagus untuk penderita : Kanker/tumor, Kolesterol, keputihan, dan radang tenggorokan
Jahe Merah + Karuk Bagus untuk penderita : batuk asma, sesak nafas, sulit tidur, masuk angin
Sirih Merah Instan Bagus untuk penderita : darah tinggi, asam urat rematik, dan liver
Purwaceng Instan Menambah stamina, melancarkan air seni, dan Vitalitas laki-laki
Kayu Rapet Sirih Mengencangkan organ intim, mengobati keputihan, menaambah keharmonisaan rumah tangga, dan Pengharum tubuh
Temulawak + Sirih Bagus untuk penderita : Jantung, Darah tinggi, liver, hepatitis, kembung, dan mual
Kopi Susu Jahe Menghangatkan badan, mengobati masuk angin, dan mencegah ngantuk
Tempuyung Bagus untuk penderita : Infeksi ginjal, Batu ginjal, Rematik, dan infeksi saluran kencing
Sirih Wangi Pengharum Tubuh, mengobati keputihan, mengurangi bau mulut, dan mengobati sariawan
Kapsul Sirih Merah mengobati : Diabetes, Darah tinggi, Jantung, dan asam urat
untuk info lebih lanjut dapat menghubungi 0852-9320-8513.

PEMBUATAN TEMPE
Usaha Pembuatan Tempe dilakukan oleh bapak Darmo dan beralamat di dukuh Klotok Rt 4 Rw 6, Kemuning. Setiap harinya bapak Darmo membutuhkan kedelai sebanyak 18 kg untuk memproduksi tempe. Sedangkan pemasarannya di Bale Branti, Ndoro Donker, dan beberapa hik di terminal.

PEMBUATAN BATIK TULIS
Usaha Pembuatan Batik Tulis dilakukan oleh bu Wagiyem dan beralamat di dukuh Klotok Rt 03 Rw 6, Kemuning. Bu Wagiyem hanya membatik ketika ada pesanan batik tulis.

PEMBUATAN RAMBAK KULIT SAPI
Usaha Pembuatan Rambak Kulit Sapi beralamat di dusun Tanen Rt 5 Rw 12, Kemuning. Usaha ini berdiri baru pada tahun 2010 namun sudah mampu memproduksi dalam skala besar yaang didukung 15 tenaga kerja (belum termasuk pemilik kemasan). Selain dipasarkan pada tempat-tempat makan di Kemuning juga mampu menembus pasar Karanganyar, Boyolali, dan Surakarta.

PEMBUATAN KRIPIK MENTAH
Usaha Pembuatan Kripik Mentah dilakukan oleh Bu Pani dan beralamat di Tanen Rt 03 Rw 12, Kemunig. Kripik yang dibuat masih mentah atau setengah jadi dan konsumen harus menggoreng terlebih dahulu sebelum dimakan. Kripik tersebut berbahan dasar pati dan gandum. Kripik tersebut dijual dengan harga 15 ribu/kilogram.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

News Update :
 
Copyright © 2013. BloggerSpice.com - All Rights Reserved
Author: MohammadFazle Rabbi | Powered by: Blogger
Designed by: Blogger Spice
^